Minggu, 18 Maret 2012

Kaitan Manusia dan Kebudayaan

Manusia memiliki kaitan atau hubungan dengan budaya, secara sederhana hubungan manusia dengan budaya adalah manusia sebagai prilaku kebudayaan dan budaya merupakan obyek yang dilakukan manusia.

Dalam ilmu sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai Dwitunggal, yang artinya walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan suatu kesatuan. Manusia menciptakan suatu budaya dan budaya diciptakan untuk mengatur kehidupan manusia.

Dari sisi lain hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat di pandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat yang disebut dialektis. Proses dialektis ini tercipta melalui tiga tahap yaitu :

1. Eksternalisasi, yaitu proses di mana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunianya

2.  Objektivitas, yaitu proses di mana masyarakat  menjadi obyektif.

3.Internalitas yaitu proses di mana masyarakat diserap kembali oleh manusia, maksudnya manusia mempelajari lagi masyarakat sendiri agar dia dapat hidup dengan baik.

Intinya budaya merupakan ciptaan manusia yang hidup di masyarakat, semua kebudayaan di pengaruhi oleh kehidupan manusia yang dinamis dari jaman ke jaman dan kebudayaan tercipta untuk membuat kehidupan manusia lebih baik lagi. 

Daftar Pustaka 




1 komentar:

  1. hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
    karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill
    makasi :)

    BalasHapus