Jumat, 11 November 2011


KAJIAN MASALAH TENTANG PEMUDA

Generasi  muda atau yang lebih di kenal pemuda, pemuda merupakan generasi penerus yang akan mengantikan generasi sesudahnya. Kebanyakan pemuda di jaman sekarang  lebih mementingkan kebutuhan diri sendiri dibanding ke untuk kebutuhan orang lain atau umum.


 Pemuda sekarang cenderung lebih egois dan memiliki pemikiran yang pendek dan tidak memikirkan dampak apa yang ia lakukan. Sebagai contoh seorang pemuda yang malas untuk mencari pekerjaan dan akhirnya ia menjadi penganguran.
          
           Di dalam pergaulan pemuda seringkali melakukan hal hal yang bersifat negatif walupun ada juga yang masih bersifat positif. Di dalam pergaulan negatif seringkali pemuda membuat onar dan bersifat anarkis dan menghalalkan segala cara agar ke inginannya bisa tercapai, sedangkan di dalam sifat positif seorang pemuda bisa sebagai contoh teladan bagi pemuda yang lain misalnya dalam acra bakti sosoal dan lain lain yang menyagkut masalah kepentingan umum.
         
         Tempat media bersosialisasi pemuda ada di dalam lingkungan masyarakat, sekolah, teman bermain, dan didalam keluaraga, dimana media sosialisasi tersebut yang membawa dampakdan pemikiran bagi pemuda itu sendiri .
            
         Perbandingan pemuda sekarang dengan pemuda pada jaman dahulu ( jaman kemerdekaan ) ialah pada semangat nasionalisme dan patriotismenya, pada zaman dahulu pemuda bersatu untuk mempertahan kan kemerdekaan dan menjaga kedaulatan republik Indonesia. Dan melakukan ikrar yang dikenal dengan Sumpah Pemuda yang dideklarasikan pada tanggal 28 Oktober 1928.
           
         Pada masa kini pemikiran dan tindakan pemuda jauh dari apa yang di cita-citakan pemuda di jaman kemerdekaan, pemuda masa kini sudah tidak lagi mengunakan ideologi nasionalisme dan kemanusiaan sekarang pemuda sering kali berbuat sesuka hati mereka tanpa memikirkan dampak negatif dan kepentingan publik.

 Banyak masalah yang timbul dan harus dihadapi pemuda di jaman sekarang antara lain,
ü  Kurang nya idelisme dan sifat nasionalisme terhadap bangsa
ü  Tidak adanya kepastian cita-cita untuk di masa depan
ü  Pergaulan bebas dan pernikahan di bawah umur
ü  Meningkatnya penyalah gunakan Narkoba

Dari masalah-masalah yang timbul di atas seharunya pemuda sekarang harus mempunyai sifat Pantang menyerah dan berfikir panjang untuk kebaikan pemuda sendiri dan bagi bangsa Indonesia, selau berfikir Positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar